Senin, 21 Januari 2013

Kuliner Sate Lilit Bali

Selain Ayam Betutu, ternyata Bali juga memiliki wisata kuliner khas lainnya yang bernama Sate Lilit. Nama sate lilit sendiri berasal dari sate itu sendiri, yang mana daging nya tidak ditusukkan pada batang seperti sate pada umumnya, melainkan dengan cara di lilitkan. Banyak orang mengatakan kalau sate lilit ini enak rasa nya, nah berikut lebih lengkapnya tentang sate lilit


Sate lilit adalah salah satu hidangan Bali yang  populer. Sate lilit  ini terbuat dari daging ikan laut, udang ataupun ayam, yang dicincang halus dan diberi bumbu lengkap khas bumbu Bali serta dicampur dengan parutan kelapa muda, dan kemudian dibakar. Yang menjadikan sate lilit ini unik karena selain bahannya yang tidak diperbolehkan memakai daging sapi karena binatang ini dianggap hewan suci di Bali, bahan sate ini dililitkan pada  batang serai yang menjadi batang satenya .

Sate lilit ini terbuat dari ikan cincang yang dilembutkan, diberikan bumbu khusus, santan dan juga parutan kelapa. Setelah itu, kemudian dililitkan pada sebatang bambu dan lantas dibakar diatas arang sehingga rasanya begitu fenomenal. 

Gurihnya sate lilit dapat dinikmati siapa saja, termasuk mereka yang beragama Islam, karena pada umumnya sate lilit terbuat dari daging ikan laut. Di tempat-tempat tertentu ada juga sate lilit berbahan daging ayam dan daging babi, tetapi secara umum kebanyakan sate lilit berbahan dasar ikan laut. Jika anda ragu, silahkan bertanya terlebih dahulu pada penjualnya. 

Sebagian penjual sate lilit juga menawarkan sate ikan yang bentuknya lebih mirip dengan sate yang biasa kita kenal, potongan daging ikan yang ditusuk kemudian dibakar, dan pepes daging ikan.

1 komentar: